Langsung ke konten utama

Tips belajar yang baik a'la Rachquel

Punya masalah dalam hal belajar?? Udah bimbel, begadang (nonton bola), dan tanya sana-sini tapi gak masuk ke otak?? Nih,, sebagai orang yang memang bermasalah dalam hal belajar, saya bisa kasih sedikit solusi yang saya temukan dari beberapa pendapat ahli terkemuka.. let's cekidot mas bro..

1. Siapkan waktu yang pas buat kamu belajar. Misalnya, Sore setelah Maghrib.
2. Cari tempat yang aman, alias tenang. Misalnya, kamar kamu, ruang tamu, atau kalo kamu mau, gudang juga bisa..
3. Siapkan mata pelajaran yang ingin dipahami. Dan, harus mencangkup materi serta soal-soal. Supaya, setelah selesai membaca materi-materi tersebut, kamu bisa langsung mempraktekannya ke soal-soal. Kalo belum terpecahkan, baca materinya sekali lagi. Kalo belum terpecahkan juga, tanya orang tua, guru, atau kakak kamu. Kalo belum terpecahkan juga, pecahin gelas aja.
4. Belajar memang bikin bosen, ngantuk, and pusing. Kalo gejala-gejala tersebut sudah muncul, jangan pergi ke dokter.. Cukup ambil mp3 atau mp4.. Bisa pake hape juga ko.. Nah,, kalian puter lagu kesukaan kalian, tapi dengan volume pelan. Supaya otak kalian rileks. Bisa sambil memejamkan mata selama 5-6 menit. Tapi INGAT!! Jangan sampai tidur beneran.
5. Kalo kalian bete belajar sendiri,, kalian belajar kelompok aja.. Ajak temen-temen kalian buat ngerjain soal atau mahamin pelajaran bareng-bareng. Menurut pengamatan, belajar bersama malah bikin kita ngerti, masuk ke otak, and ga gampang lupa.. Coz, belajar massal mah bisa share, temen kita pasti punya jurus rahasia untuk memecahkan suatu soal. Dan dia bisa bagiin itu ke kita-kita. Juga ada penggunaan kata-kata lucu bin aneh untuk mewakili suatu kata/rumus/kalimat. Contona : rumus gelombang dan getaran. Rumusnya ada yang bentuknya T=t:n kita jadikan kata Titin. sedangkan F=n:t kita jadikan kata Fenit. Gampang kan?? atau rumus Hambatan (V=IxR) kita inget aja buah Pir. Gampang kan??
6. Istirahatkan mata. Mata penting banget buat bantu kita belajar. Selama kurang lebih 4 jam belajar/menatap buku, lebih baik kalian pejamkan mata sebentar. Atau keluar mencari udara segar sehingga mata bisa menyesuaikan lagi ketebalan lensannya. Jangan paksakan mata bila mata kalian udah gak sanggup. Karena itu bisa membuat kalian menderita cacat mata.
7. Sediakan camilan atau minuman supaya kalian gak mondar-mandir waktu laper atau haus waktu belajar. Karena, kalo kamu banyak beranjak dari tempat kamu duduk kamu akan merasa gak PW (posisi wueenak) waktu duduk lagi.

Sekian dan terima kasih :D

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makalah nilai dan norma pendidikan

Pengertian Nilai dan Norma yang ada di Sekolah: Nilai sebagai konsepsi yang hidup dalam alam pikiran sebagian besar siswa/i mengenai hal-hal yang harus mereka anggap penting dalam kehidupan terutama dalam lingkungan sekolah. Secara umum, nilai juga dapat diartikan sebagai hal-hal mengenai apa yang dianggap buruk dan baik oleh masyarakat. Norma di sekolah dipahami sebagai aturan yang berlaku di dalam lingkungan sekolah yang disertai sanksi bagi siswa/I yang melanggar aturan tersebut. Sanksi dapat berupa teguran, denda, maupun hukuman fisik. Norma secara umum juga dapat diartikan sebagai kaidah yang berisi perintah dan larangan yang ditetapkan berdasarkan kesepakatan untuk mengatur perilaku manusia agar tercapai ketertiban dan kedamaian. Norma sangat dibuthkan untuk mewujudkan nilai-nilai social. Fungsi dan Manfaat Nilai dan Norma di Sekolah Fungsi Nilai di dalam lingkungan sekolah adalah : Sebagai faktor pendorong dan sekaligus menuntut siswa/I untuk berbuat baik Seb

Wawancara Tentang Kurikulum 2013 Dengan Guru SMP

¶ Wartawan : Rachel S. (XC) ¶ Narasumber : Ibu. Oyah (Guru Biologi SMPN 1 Cileunyi) W          : “Selamat sore, bu. Maaf mengganggu. Bisa saya minta waktu ibu sebentar?” N           : “Silahkan.” W          : “Begini, bu. Saya Rachel dari SMAK Yahya. Saya mendapat tugas dari sekolah untuk                 mewawancarai seorang guru berkaitan dengan kurikulum 2013. Bisa saya minta ibu untuk                 menjadi narasumber saya?” N           : “Tentu saja.” W          : “Terima kasih sebelumnya, bu. Berkaitan dengan kurikulum 2013 ini, bagaimana pendapat                 Ibu sendiri sebagai guru dengan berubahnya kurikulum?” N           : “ Yah , saya sendiri sih setuju-setuju saja. Perubahan kurikulum ini kan dalam rangka                 meningkatkan kualitas pendidikan di bangsa kita. Bangsa kita ini juga kan mau maju                 seperti bangsa lain. Ya semuanya itu dimulai dari pendidikan anak-anak bangsa yang                 nantinya akan memimp

Drama Script Cinderella

Narrator:  A hundred years ago, there lived a beautiful girl named Cinderella.  After her father died, Cinderella lives with her stepmother. Now, with softness of her heart, Cinderella past her day with patience. One day… Stepmother      : Cinderella! (Come in) Cinderella, where are you! (Approached Cinderella) Where is my gown, Cinderella? The Ball will start   tonight. Cinderella         : I’m here, mom. (Drinking tea) Stepmother      : Why did you take it easy there to drink tea?!                                  (Do not care about her mother say and stay drink her tea?) Stepmother      : Because you are here, it means my gown was complete. Right? Cinderella         : How could an amateur like me can make a beautiful gown? If you are ready to be a Laughing stock, the gown was there. You can wear it. Stepmother      : (annoyed) urrgghh.. Who will be a laughingstock?! The story was not like that! Cinderella         : Slow down, Baby. Come on... Join wi