Langsung ke konten utama

Makalah nilai dan norma pendidikan

Pengertian Nilai dan Norma yang ada di Sekolah:
Nilai sebagai konsepsi yang hidup dalam alam pikiran sebagian besar siswa/i mengenai hal-hal yang harus mereka anggap penting dalam kehidupan terutama dalam lingkungan sekolah. Secara umum, nilai juga dapat diartikan sebagai hal-hal mengenai apa yang dianggap buruk dan baik oleh masyarakat.
Norma di sekolah dipahami sebagai aturan yang berlaku di dalam lingkungan sekolah yang disertai sanksi bagi siswa/I yang melanggar aturan tersebut. Sanksi dapat berupa teguran, denda, maupun hukuman fisik. Norma secara umum juga dapat diartikan sebagai kaidah yang berisi perintah dan larangan yang ditetapkan berdasarkan kesepakatan untuk mengatur perilaku manusia agar tercapai ketertiban dan kedamaian. Norma sangat dibuthkan untuk mewujudkan nilai-nilai social.

Fungsi dan Manfaat Nilai dan Norma di Sekolah
Fungsi Nilai di dalam lingkungan sekolah adalah :
Sebagai faktor pendorong dan sekaligus menuntut siswa/I untuk berbuat baik
Sebagai petunjuk arah
Sebagai benteng perlindungan
Sebagai alat solidaritas dan pemersatu
Sebagai alat pengawas dengan daya tekan dan pengikat tertentu
Secara singkat, manfaat nilai dalam lingkungan sekolah adalah, dapat dijadikan petunjuk arah bersikap dan bertindak, pengontrol sikap dan tindakan siswa/i, serta memotivasi para siswa/i untuk menuju arah tindakan yang positif dan di nilai baik oleh lingkungan sekitar.
Fungsi Norma di dalam lingkungan sekolah adalah :
Sebagai aturan atau pedoman tingkah laku dalam masyarakat
Sebagai alat untuk menertibkan dan menstabilkan kehidupan social
Sebagai system control social dalam masyarakat
Secara singkat, manfaat norma dalam lingkungan sekolah adalah, dengan adanya norma kita dapat mengerti tindakan apa yang pantas dilakukan dan apa yang tidak pantas dilakukan.

Contoh Nilai dan Norma yang ada di Sekolah
Contoh Nilai :
Berlaku sopan kepada yang lebih tua. Baik Kepala Sekolah, Guru, Staf TU, Karyawan, Satpam, dan Tamu.
Menghargai yang lebih muda. Seperti adik kelas.
Mengajukan pertanyaan dengan bahasa yang sopan saat tidak memahami materi yang diajarkan.
Saling menyayangi dan menghargai antar siswa/i.
Tidak menyontek saat ulangan, ujian, atau kuis.
Menghargai guru yang mengajar dengan cara tidak ribut, mengobrol, tidur, main, dan memperhatikan materi yang diajarkan dengan baik.
Menjunjung tinggi kejujuran dalam bergaul dengan sesama.
Tidak melakukan hal yang merugikan teman sendiri seperti memfitnah, mengolok-olok, atau mendiskriminasi.
Contoh Norma :
Mematuhi Tata Tertib Sekolah.
Membuang sampah pada tempatnya.
Menjaga kebersihan kelas dan sekolah.
Tidak merokok di lingkungan sekolah.
Menghormati guru.
Menjaga nama baik sekolah, guru, kepala sekolah, bahkan teman.
Menjaga fasilitas yang dimiliki sekolah.
Tidak berkelahi.
Berpakaian rapi.
Tidak terlambat.
Kesimpulan
Nilai dan Norma merupakan hal yang sangat penting terutama di lingkungan sekolah. Karena nilai dan norma menjadi sesuatu yang berharga untuk mencapai ketertiban dan kedamaian.
“Peraturan Dibuat Bukan Untuk Dilanggar"

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Wawancara Tentang Kurikulum 2013 Dengan Guru SMP

¶ Wartawan : Rachel S. (XC) ¶ Narasumber : Ibu. Oyah (Guru Biologi SMPN 1 Cileunyi) W          : “Selamat sore, bu. Maaf mengganggu. Bisa saya minta waktu ibu sebentar?” N           : “Silahkan.” W          : “Begini, bu. Saya Rachel dari SMAK Yahya. Saya mendapat tugas dari sekolah untuk                 mewawancarai seorang guru berkaitan dengan kurikulum 2013. Bisa saya minta ibu untuk                 menjadi narasumber saya?” N           : “Tentu saja.” W          : “Terima kasih sebelumnya, bu. Berkaitan dengan kurikulum 2013 ini, bagaimana pendapat                 Ibu sendiri sebagai guru dengan berubahnya kurikulum?” N           : “ Yah , saya sendiri sih setuju-setuju saja. Perubahan kurikulum ini kan dalam rangka                 meningkatkan kualitas pendidikan di bangsa kita. Bangsa kita ini juga kan mau maju                 seperti bangsa lain. Ya semuanya itu dimulai dari pendidikan anak-anak bangsa yang                 nantinya akan memimp

Curug Cinulang

Curug Cinulang adalah salah satu objek wisata yang terkenal di Jawa Barat terutama Bandung. Curug adalah sebutan untuk air terjun di Jawa Barat. Tak hanya Cinulang, di Bandung masih banyak lagi Curug-Curug yang indah. Seperti Curug Dago, Curug Panganten, Curug Cilengkrang, dll. Mau tau rute jalan ke sana? Sikon trek yang akan dilewati? Dan kondisi tempat disana? Check This Out!! Rute ke Curug Cinulang: Dari arah Cileunyi, atau tol Cileunyi, anda hanya perlu lurus saja ke Jalan Cipacing, lalu tinggal lurus ke Rancaekek, sampai anda menemukan plang bertuliskan "Penginapan/Tempat Wisata Aki dan Enin", masuk ke gang yang ada di bawah plang tsb. Lalu anda akan menjumpai perempatan kecil. Pilih jalan ke kiri. Jalan tsb akan menuju ke sebuah desa yang jalannya agak menanjak. Dari situ anda tinggal lurus saja. Jalan menuju ke parkiran Curug Cinulang jaraknya sekitar 2 km dari plang "Penginapan/Tempat Wisata Aki dan Enin". Setelah kurang lebih 2 km menanjak, anda akan m